Postingan

MEMBANGUN KEDEKATAN IBU DAN BAYI MELALUI IMD

Inisiasi Menyusui Dini ( IMD ) adalah proses bayi menyusui yang dilakukan beberapa saat setelah melahirkan. Bayi yang baru lahir diletakkan pada dada sang ibu dan biarkan mencari puting susu ibunya sendiri.
Inisiasi Menyusui Dini sangat membantu bagi ibu dalam pemberian ASI eksklusif kepada sang buah hati. Selain itu IMD juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Proses IMD dapat membangun kedekatan antara ibu dengan bayi.

Tahap-tahap Inisiasi Menyusui Dini :

1. Setelah ibu melahirkan sang buah hati, perawat akan secepatnya membersihkan badan bayi seperlunya tanpa menghilangkan vernix atau lapisan kulit putih yang menyelimuti tubuh si Kecil. Vernix akan membuat kulit si Kecil lebih nyaman sekaligus berfungsi sebagai pelindung.

2. Kemudian bayi akan ditelungkupkan di dada atau perut Ibu. Kulit bayi akan melekat pada kulit Ibu. Untuk mencegah bayi kedinginan, kepalanya dapat dipakaikan topi. Jika perlu, tubuh Ibu dan bayinya diselimuti.

3. Bayi yang ditelungkupkan di dada atau perut Ibu, akan dibiarkan untuk mencari sendiri puting susu Ibunya. Karena pada dasarnya, satiap bayi memiliki naluri yang kuat untuk mencari dan mengenali puting susu Ibunya.

4. Saat si Kecil mencari puting susu, Ibu perlu memberikan dukungan dengan mengatur posisi tubuh yang benar dan nyaman. Amati dan biarkan bayi berusaha sendiri mencari air susu Ibunya. Biasanya para bidan atau dokter akan membantu Ibu dalam proses ini.

5. Bayi tetap dibiarkan dalam posisi bersentuhan dengan kulit Ibu sampai proses menyusui pertama selesai.

6. Setelah selesai menyusui, perawat akan memisahkan bayi dengan ibunya untuk mengetahui kondisi bayi, ukuran berat badan, pemberian cap, vitamin K dan tetes mata.

7. Setelah semuanya telah selesai dilakukan, perawat akan menyerahkan bayi kepada sang ibu untuk mendapatkan perawatan secara bersamaan. Rawat gabung ini memungkinkan Ibu menyusui si Kecil kapan saja ia membutuhkannya.

Read More

KENALI GEJALA TUBERCOLOSIS

Tuberkulosis atau TBC merupakan salah satu penyakit menular. TBC merupakan masalah kesehatan terbesar kedua di dunia setelah HIV.

Penyakit ini disebabkan basil dari bakteri Mycobacterium tuberculosis. Tuberkulosis dapat menyerang bagian tubuh manapun, tetapi yang paling umum adalah infeksi tuberkulosis pada paru-paru. Penyebaran penyakit terjadi melalui orang yang telah mengidap TBC.

Meskipun TBC tidak menular melalui jabat tangan, berbagi makanan atau minuman ,menyentuh kursi, atau bekas meja penderita, berbagi sikat gigi ataupun berciuman. Namun Kuman penyebab TBC bisa menular lewat udara atau airborne ketika penderita batuk, bersin,dan berbicara.

Beberapa orang yang terinfeksi TBC tidak menunjukkan gejala. Hal ini terjadi pada pengidap TBC laten. Meski bakteri sudah berada dalam tubuh tetapi, bakteri belum menyebabkan kerusakan apapun. Saat setelah bakteri mulai aktif, kondisi inilah yang memicu gejala pada pengidap tuberkulosis.

Tuberkulosis umumnya menyerang paru-paru dengan gejala utama batuk berdahak yang berlangsung lebih dari 2 minggu. Batuk yang terjadi juga kadang mengeluarkan dahak berwarna, seperti karat atau batuk darah. Pengidap TB juga biasanya akan kehilangan nafsu makan dan mengalami penurunan berat badan disertai dengan demam, keringat malam hari, dan kelelahan.

Jika paruparu telah terinfeksi tubercolosis menyebabkan kerusakan, maka akan timbul gejala sesak napas. Masa ketika penyakit masuk ke tubuh sampai muncul gejala TBC bisa berlangsung antara 2 sampai 12 minggu.

Risiko berkembangnya penyakit ini paling tinggi dalam kurun waktu dua tahun sejak terinfeksi. Penyakit TBC sangat beresiko apabila tidak segera ditangani. Penderita TBC butuh waktu berbulan-bulan minum obat sesuai anjuran dokter, hingga kuman penyebab TBC tidak berkembang. Terapi obat untuk pe derita TBC baik infeksi aktif maupun infeksi laten umumnya berlangsung selama enam bulan sampai sembilan bulan.

Read More

SEHAT NEGERIKU TUMBUH INDONESIAKU

Hari Kesehatan Nasional yang diperingati setiap tanggal 12 November sebagai momen penting dalam pembangunan kesehatan di negeri ini.
Dengan tema “ Sehat Negeriku Tumbuh Indonesiaku “ di peringatan HKN yang ke 57 tahun ini, mari kita bersama-sama menghadapi pandemi ini dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.
Selain dengan menerapkan protokol kesehatan, upaya yang dilakukan untuk pencegahan dari virus Corona-19 ini yaitu melakukan vaksinasi agar tercipta herd immunity .

Dengan vaksinasi kita wujudkan masyarakat yang sehat dan produktif.

Read More

LAYANAN TERBAIK RSUD ANDI MAKKASAU UNTUK KESEHATAN GIGI DAN MULUT

Poliklinik gigi RSUD Andi Makkasau Parepare merupakan salah satu unit pelayanan yang khusus memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut.

Dengan ditunjang peralatan medis yang lengkap, dan fasilitas yang memadai serta keramahan dan keprofesionalan dokter yang akan memberikan pelayanan terbaik terhadap kesehatan gigi dan mulut anda. Serta yang terpenting adalah dokter selalu memberikan tips dalam menjaga dan memelihara kesehatan gigi dan mulut.

Saat ini RSUD Andi Makkasau memiliki Dokter Spesialis Bedah Mulut  dan Dokter Spesialis Konservasi Gigi .

Dokter Spesialis Bedah Mulut dapat melakukan tindakan bedah rahang, penanaman implan gigi, operasi gigi bungsu dengan berbagai faktor penyulit, operasi tumor dan keganasan pada kepala, leher, dan rongga mulut, tindakan perawatan celah bibir dan langit-langit mulut, bedah koreksi asimetri wajah, bedah sendi rahang.

Dokter Spesialis Konservasi Gigi atau endodontis melakukan perawatan dan pencegahan gigi berlubang, penambalan gigi sesuai dengan kasus (pembuatan veneer, mahkota, pasak, onlays, inlays), perawatan gigi berlubang dalam yang sudah mencapai ke ruang saraf dan pembuluh darah gigi (perawatan saluran akar gigi), dentin hipersensitif, fraktur mahkota gigi, lesi karies radiasi, gigi avulsi, bedah endodontik, pemutihan gigi eksterna dan interna.

Jika anda ingin memiliki gigi yang sehat dan cantik, silahkan kunjungi RSUD Andi Makkasau Kota Parepare.

Read More

MENEROPONG LEBIH JELAS DENGAN MRI 1.5 TESLA

Magnetic resonance imaging (MRI) merupakan pemeriksaan organ tubuh yang dilakukan dengan menggunakan teknologi magnet dan gelombang radio. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mendapatkan hasil gambar organ, tulang, dan jaringan di dalam tubuh secara rinci dan mendalam. Hasil dari pemeriksaan MRI kemudian digunakan oleh dokter untuk menegakkan diagnosis suatu penyakit.

Di RSUD Andi Makkasau juga telah dilengkapi MRI dengan ukuran 1,5 tesla Merk siemens tipe magnetom aera. Teknologi ini merupakan prosedur non-invasif dan tidak menyakitkan yang banyak digunakan untuk menghasilkan gambar dari berbagai bagian tubuh manusia, mulai dari kepala pasien hingga kaki, dengan menggunakan medan magnet dan gelombang radio.

Prosedur pemeriksaan  MRI aman digunakan untuk ibu hamil dan anak. Gambar yang dihasilkan lebih jelas dan akurat, termasuk untuk pemeriksaan tumor dengan ukuran kecil.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pemeriksaan MRI, pastikan pasien melepaskan benda-benda bersifat logam yang menempel pada tubuhnya agar lebih memaksimalkan kinerja alat.

Read More

KEMUDAHAN LAYANAN PASIEN HEMODIALISIS

Indonesia termasuk negara dengan tingkat penderita gagal ginjal kronik yang cukup tinggi, diperkirakan gagal ginjal diderita 100 persejuta penduduk dan terus meningkat dari tahun ke tahun.
Meningkatnya penyakit gagal ginjal (terutama yang bersifat kronik) menyebabkan kenaikan jumlah pasien yang menjalani hemodialisis. Data RSUD Andi Makkasau pada tahun 2019 telah dilakukan tindakan HD lebih dari 3.827 tindakan.

Akses transportasi yang kurang lancar di Kota Parepare, yang mengakibatkan pasien kerap kali mengalami keterlambatan tiba di rumah sakit sehingga mempengaruhi efektifitas dan kualitas layanan yang diterima pasien. Proses cuci darah yang seharusnya berjalan selama 5 jam terkadang hanya berlangsung selama 3 jam mengingat masih ada pasien lain yang harus dilayani.

Berdasarkan dari permasalahan tersebut Walikota Parepare DR HM Taufan Pawe SH., MH bersama RSUD Andi Makkasau menyediakan fasilitas layanan antar jemput pasien hemodialisa, pada dasarnya ditujukan untuk meringankan beban keluarga pasien  serta mempermudah proses tindakan dialisis sesuai jadwal kunjungan yang telah ditentukan.

Guna mendukung peningkatan kualitas layanan, Pemerintah Kota Parepare menjalin kerjasama dengan Kaikokai Foundation Jepang, juga telah mengirim tenaga dokter dan perawat untuk peningkatan kompetensi para tenaga kesehatan terkait layanan hemodialisis di salah satu rumah sakit Grup Kaikokai. Upaya tersebut juga dibarengi dengan ketersediaan peralatan terstandar berupa 28 unit mesin hemodialisis dan 2 armada khusus penjemput mengantar pasien secara gratis dan tepat waktu.

Read More

CEGAH HIPERTENSI DENGAN CERDIK

Hipertensi atau yang biasa dikenal dengan penyakit tekanan darah tinggi, adalah suatu kondisi yang dapat mengakibatkan berbagai komplikasi kesehatan yang membahayakan nyawa sekaligus meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung, stroke, bahkan kematian.

Seseorang yang mengidap hipertensi akan merasakan beberapa gejala yang timbul, antara lain:

1. Sakit kepala

2. Gelisah

3. Penglihatan kabur

4. Jantung berdebar-debar

5. Pusing

6. Rasa sakit di dada

7. Mudah lelah

Hipertensi terbagi menjadi dua jenis, yaitu hipertensi primer dan sekunder.

1. Hipertensi Primer

  Sering kali, penyebab terjadinya hipertensi pada kebanyakan orang dewasa tidak diketahui.  Hipertensi primer cenderung berkembang secara bertahap selama bertahun-tahun.

2. Hipertensi Sekunder

    Beberapa orang memiliki tekanan darah tinggi karena kondisi kesehatan yang mendasarinya.    Hipertensi sekunder cenderung muncul tiba-tiba dan menyebabkan tekanan darah lebih tinggi daripada hipertensi primer.

Langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah hipertensi, yaitu

1. Melakukan cek kesehatan secara rutin  

2. Tidak merokok dan menghindari asap rokok

3. Melakukan aktivitas fisik teratur ( seperti jalan kaki 3km/ olahraga 30 menit per hari , minimal 5x/minggu)

4. Diet dengan gizi seimbang

5. Istirahat cukup

6. Kelola stress

Read More

OPERASI KATARAK TANPA RASA SAKIT

Fakoemulsifikasi merupakan tindakan operasi yang dilakukan dokter menghilangkan katarak di mata pasien atau biasa disebut operasi laser.  Prosedur ini sangat aman dan tidak menimbulkan rasa sakit.

Sebelum prosedur dimulai, Dokter Spesialis mata akan memeriksa mata pasien dengan alat ultrasound atau pemindaian laser untuk menentukan jenis Intraoculer Lens (IOL) atau lensa buatan yang cocok bagi pasien. Kelebihannya RSUD Andi Makkasau menggunakan IOL Foldable, yang akan mengembang seperti payung ketika setelah dimasukkan pada mata pasien.

Pada mulanya Dokter bedah akan melihat ukuran katarak pasien dengan menggunakan alat mikroskop. Untuk melindungi jaringan intraokuler dokter menyuntikkan cairan Viscoelastic, suntikan ini juga dapat meminimalisir perasaan syok pasien.

Kelebihan dari metode ini  luka sayatan tidak terlalu besar hanya 2,5 mm sampai 3 mm.  Waktu operasi lebih singkat sekitar 1 jam sehingga pasien tidak perlu menjalani rawat inap. Selain itu penyembuhan pasca operasi lebih cepat dan hasil terlihat lebih halus.

Read More

RAWAT KULITMU DI MASA PANDEMI

Pandemi covid menjadi masa yang tepat untuk menjaga kesehatan kulit. Gunakan masa pandemi untuk mencoba produk skin care baru yang bermanfaat untuk kulit. Agar tidak salah langkah yang menyebabkan kulit rusak, hal yang penting untuk diketahui adalah seperti apa jenis kulit kalian. Karena setiap jenis kulit berbeda cara perawatannya. Alih-alih pengen kulit cantik, glowing dan sehat, malah berujung iritasi, berubah menjadi merah membara, penuh jerawat. Tidak mau kan???

Hal ini dilakukan agar kulit wajahmu tidak mudah iritasi maupun berjerawat. Jangan sepelekan tahapan penggunaan skincare sehari-hari, berikut tahapan skincare rutin menurut dokter yang dapat kalian lakukan dirumah :

1. Selalu bersihkan wajah, bagi kamu yang sering menggunakan makeup bisa menggunakan micellar water, cleansing oil, atau cleansing bal terlebih dahulu sebelum menggunakan sabun pencuci wajah.

2. Gunakan krim Eksfoliasi. Hal ini mendukung kulit menjadi lebih sehat dan cerah, karena bisa membantu mengangkat sel kulit mati yang ada di kulit. Selain itu, membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat, dan membantu mempercepat regenerasi kulit wajah.

3. Jangan lupa gunakan pelembab. Pelembab berfungsi membantu membuat kulit menjadi cerah, sehat dan lembap. Pelembap sangat penting untuk kulit, agar kulit ternutrisi, lembap dan juga terhidrasi dengan cukup. Bagi kamu yang memiliki kulit kering, bisa menggunakan pelembap yang creamy, dan yang kulit berminyak bisa menggunakan pelembap dengan formula air.

4. Lengkapi perawatanmu dengan menggunakan tabir surya secara rutin dan konsisten. Tabir surya atau SPF membantu mencegah timbulnya garis-garis halus dan kerutan, ketidaksempurnaan tekstur, serta perubahan tampilan pori-pori seiring waktu.

Menjadi cantik itu mudah, asal kalian konsisten. Jika kalian memiliki masalah kulit, silahkan kunjungi RSUD Andi Makkasau Kota Parepare.

Read More

PELAYANAN REHABILITASI MEDIK DI RSUD ANDI MAKKASAU

Rehabilitasi Medik adalah pelayanan kesehatan terhadap gangguan fisik dan fungsional yang diakibatkan oleh keadaan atau kondisi sakit, penyakit atau cedera melalui panduan intervensi medik, keterapian fisik dan atau rehabilitatif untuk mencapai kemampuan fungsi yang optimal. Rehabilitasi Medik merupakan salah satu layanan di RSUD Andi Makkasau Parepare.

Rehabilitasi medik adalah terapi yang dilakukan untuk mengembalikan fungsi tubuh yang mengalami masalah. Pada umumnya diperuntukkan bagi pasien yang telah menjalani pengobatan atau operasi akibat cedera parah, stroke, infeksi, ataupun tumor.

Pelayanan Rehabilitasi Medik di RSUD Andi Makkasau meliputi pelayanan Fisioterapi dan Terapi Wicara yang dilakukan langsung Dokter Spesialis Rehab Medik, Fisioterapis, serta Terapis Wicara yang handal di bidangnya.

Pelayanan ini ditunjang dengan peralatan yang memadai dan tenaga medis yang berkompeten sesuai dengan kebutuhan pasien. Pelayanan poliklinik Rehab Medik RSUD Andi Makkasau dibuka setiap hari Sabtu.

Read More