Ut wisi enim ad minim veniam, quis laore nostrud exerci tation ulm hedi corper turet suscipit lobortis nisl ut

social media
Recent Posts

    Sorry, no posts matched your criteria.

RSUD ANDI MAKKASAU

BIJAK MENGGUNAKAN ANTIBIOTIKA

Antibiotik merupakan obat yang digunakan untuk mencegah dan mengobati penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau kuman. Tetapi jika kita salah menggunakannya maka akan muncul keadaan dimana bakteri menjadi kebal terhadap antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi akibat bakteri tersebut.

Salah satu faktor pemicu meningkatnya kejadian resistensi antimikroba dikarenakan penggunaan antimikroba yang tidak bijak di manusia dan hewan. Resistensi antimikroba dapat terjadi jika :

1. Penggunaan antibiotik yang berlebihan,

2. Tidak menghasbiskan antibiotik yang telah diresepkan Dokter

3. Penggunaan antibiotika yang berlebihan pada peternakan dan perikanan

4. Penanganan infeksi yang kurang maksimal di klinik atau rumah sakit

5. Penerapan higien sanitasi yang kurang maksimal

6. Kurangnya antibiotika baru yang dikembangkan

Resistensi mikroba terhadap antimikroba ( antimicrobial resistance / AMR) telah menjadi masalah kesehatan dunia. Oleh karenanya itu, memperingati Hari Kesadaran Anti Mikroba Sedunia tahun 2021 Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) melakukan sosialisasi di ruang tunggu Poliklinik rawat jalan RSUD Andi Makkasau Kota Parepare dengan tema “Spread Awareness, Stop Resistance (Tingkatkan Kepedulian, Stop Resistensi). Tujuan dari kegiatan ini agar apoteker dan masyarakat dapat mengetahui serta bijak dalam menggunakan obat antibiotik baik dari segi penggunaan, penyimpanan serta cara membuang / memusnahkan obat antibiotik yang sisa (rusak / kadaluarsa).

Post a Comment