Ut wisi enim ad minim veniam, quis laore nostrud exerci tation ulm hedi corper turet suscipit lobortis nisl ut

social media
Recent Posts

    Sorry, no posts matched your criteria.

RSUD ANDI MAKKASAU

STROKE DI USIA MUDA, MEMANG BISA?

Stroke penyakit yang menyerang ketika pasokan darah ke otak terganggu atau berkurang akibat terjadinya penyumbatan (stroke iskemik) atau jika pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik). Kondisi ini berakibat pada berkurangnya asupan oksigen dan nutrisi pada otak, sehingga sel-sel otak mati dan tidak bisa berfungsi secara optimal.
Stroke biasanya menyerang pada usia diatas 50 tahun. Namun berapa pasien yang pernah datang justru masih berusia dibawah 45 tahun. Untuk itu kita harus mengenali indikasi ataupun gelajanya sejak dini.

Ada beberapa gejala yang dapat dirasakan ketika stroke menyerang, biasanya disebut dengan “FAST“:

F: Face (wajah), terasa kaku. Untuk memastikannya kalian perlu menundukkan wajah dan cobalah tersenyum. Jika kalian tidak bisa mengangkat kedua sisi mulut, maka mungkin ada sesuatu yang salah.

A: Arm (lengan), cobalah untuk mengangkat lengan. Jika salah satu tangan Anda jatuh lunglai ke bawah, maka Anda perlu waspada.

S: Speech (bicara), cobalah untuk berbicara, ucapkan kalimat mudah. Jika terdapat keanehan dalam pelafalan kata, seperti mendadak cadel, maka Anda harus segera menganalisis gejala lainnya.

T: Time (waktu), Jika semua gejala itu Anda alami, maka jangan buang waktu lagi, segera pergi ke dokter!

Lalu bagaimana cara mencegah stroke pada usia muda?
• Olahraga yang teratur setidaknya 20-30 menit setiap harinya untuk kesehatan tubuh Anda dan menjaga berat badan yang stabil. Olahraga mampu membakar lemak dan kalori, sehingga tidak terjadi penyumbatan pada pembuluh darah akibat lemak jenuh yang berkumpul.
• Diet makan makanan rendah lemak, seperti buah-buahan dan sayuran.
• Pantau tekanan darah Anda setiap saat, sehingga Anda tahu harus melakukan apa jika tekanan darah Anda tinggi. Cek juga tingkat kolesterol Anda.
• Menghindari rokok, narkoba, dan alkohol.
• Rajin memeriksakan diri ke dokter minimal 1 kali setahun.

Untuk konsultasi lebih lanjut silahkan berkunjung ke RSUD Andi Makkasau Jl. Nurussamawati No.9 Kota Parepare.

Post a Comment