Ut wisi enim ad minim veniam, quis laore nostrud exerci tation ulm hedi corper turet suscipit lobortis nisl ut

social media
Recent Posts

    Sorry, no posts matched your criteria.

RSUD ANDI MAKKASAU

KEHAMILAN DI MASA PANDEMI VIRUS CORONA

Ibu hamil (Bumil) lebih berisiko terinfeksi virus karena daya tahan tubuhnya cenderung lebih lemah. Apalagi saat ini, pandemi virus corona melanda dan penyebarannya cenderung lebih cepat. Itulah sebabnya, apabila tidak ada urusan yang mendesak, ibu hamil dianjurkan untuk tidak bepergian ke luar rumah selama pandemi COVID-19, apalagi ke rumah sakit.

Meski begitu, pemeriksaan kehamilan tetap perlu dilakukan secara rutin untuk memantau kesehatan ibu hamil dan janin. Melalui pemeriksaan ini, dokter dapat mengetahui jika ada gangguan kehamilan dan dapat segera diatasi.

Nah jika memang ingin melakukan pemeriksaan kehamilan. bumil harus tetap melakukannya sesuai dengan Protocol Covid 19. Kapan sih sebaiknya memeriksakan kehamilan mengingat saat ini semua aktifitas harus dibatasi ? Berikut ini prosedur pemeriksaan kehamilan yang aman selama pandemi virus Corona menurut dr Nurhamidar Sp.OG:

Trimester pertama

Sebelum ibu hamil mengunjungi dokter ada baiknya memastikan kehamilan sendiri. Kalian dapat melakukan pemeriksaan sendiri di rumah menggunakan test pack. Bila hasilnya positif ditandai dengan garis dua, bumil dapat menghitung usia kehamilan mulai dari hari pertama haid terakhir (HPHT). Jika usia kehamilan masih kurang dari 11 minggu, Bumil belum perlu melakukan kunjungan ke dokter kandungan.

Pada trimester pertama, ibu hamil cukup menjalani satu kali pemeriksaan kehamilan, saat usia kandungan 11–13 minggu. Pada kunjungan ini, dokter akan melakukan pemeriksaan USG, tes darah dan beberapa tes lainnya untuk mendeteksi kelainan yang mungkin dialami oleh ibu hamil dan janin.

Trimester kedua

Selama kehamilan trimester kedua, Bumil hanya perlu melakukan kunjungan ke dokter satu kali untuk melakukan pemeriksaan USG kehamilan, tepatnya pada usia kandungan 20 minggu. Meskipun hanya satu kali, pemeriksaan ini dapat memberikan informasi mengenai kondisi organ-organ bayi dan plasenta, serta mendeteksi kelainan yang mungkin terjadi. Selain itu, kesehatan Bumil juga akan diperiksa secara menyeluruh. Jadi, jangan lewatkan pemeriksaan kehamilan di usia kandungan ini, ya, Bumil.

Trimester ketiga

Jadwal pemeriksaan kehamilan pada ibu hamil trimester ketiga harus lebih sering lagi karena sudah mendekati waktu persalinan. Pemeriksaan kehamilan di trimester ini:

• Satu kali di usia kehamilan 28 minggu

• Satu kali di usia kehamilan 32 minggu

• Satu kali di usia kehamilan 36 minggu

• Seminggu sekali sejak usia kehamilan 37 minggu sampai waktu persalinan tiba.

Pada kunjungan-kunjungan ini, dokter akan melakukan pemeriksaan darah, pemeriksaan urine, dan USG untuk memantau tumbuh kembang dan memantau posisi janin. Selama di rumah, Bumil bisa memantau detak jantung janin secara rutin pastikan janin bergerak sebanyak 10 kali dalam 2 jam. Gerakan janin dapat bumil rasakan pada usia kehamilan 20 minggu (5 bulan), biasanya bumil akan sering merasakan gerakan janinnya pada malam hari.

Jangan lupa jaga kesehatan sangat penting, jika bumil memiliki riwayat penyakit lain seperti asma dan jantung, rajinlah berkonsultasi dengan dokter.

Post a Comment