Ut wisi enim ad minim veniam, quis laore nostrud exerci tation ulm hedi corper turet suscipit lobortis nisl ut

social media
Recent Posts

    Sorry, no posts matched your criteria.

RSUD ANDI MAKKASAU

SEHAT BERPUASA DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Sebagai umat muslim kita tetap harus menjalankan ibadah walaupun ditengah pandemi COVID-19 ini.  Jika ramadhan sebelumnya kita bisa melaksanakan ibadah salat tarwih berjamaah di masjid dan buka bersama, tetapi berdasarkan himbauan pemerintah , kita harus tetap jaga jarak aman dengan  harus tetap dirumah menjalankan ibadah tersebut.

Kondisi Pandemi COVID-19 di bulan ramadhan akan mempengaruhi kesehatan fisik seseorang.  Oleh karena itu kita harus tetap menjaga asupan gizi dan nutrisi agar tetap seimbang.

Berikut beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi pada saat bulan puasa :

1. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks

Jenis makanan wajib yang pertama dikonsumsi ketika berpuasa adalah kelompok karbohidrat kompleks. Karbohidrat adalah satu di antara sumber makanan wajib saat puasa. Ketika berpuasa, tubuh membutuhkan glukosa sebagai sumber energi utama. Glukosa digunakan sebagai  energi atau disimpan agar bisa digunakan nantinya. Konsumsi karbohidrat ketika sahur agar tubuh tidak gampang lemas. Makanan sumber karbohidrat, seperti nasi merah, oatmeal, pasta, roti dan kacang almond.

2. Minuman atau cairan

Saat berpuasa tubuh rentan kehilangan cairan atau dehidrasi. Selama berpuasa ada baiknya minum 5 gelas air mineral saat sahur, dan 5 gelas selanjutnya saat berbuka, dengan begitu tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Kekurangan cairan selama berpuasa membuat tubuh merasa lemas juga. Perbanyak minum air putih membuat tubuh tetap bugar dan fit. Tubuh Anda menggunakan air di semua sel, organ, dan jaringan tubuh lainnya untuk membantu mengatur suhu dan menjaga fungsi tubuh lainnya.

3. Mengandung protein

Protein sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk sistem metabolisme. Mengonsumsi makanan sumber protein dapat menjadi pendorong sistem metabolisme pada tubuh manusia.  Sumber protein yang terdapat dalam makanan meliputi daging, termasuk daging unggas, ikan, produk susu, telur, hingga kacang-kacangan. Protein yang tercerna di dalam tubuh diubah menjadi asam amino lalu diserap ke dalam aliran tubuh. Protein membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan juga membantu menstabilkan kadar gula darah.

4. Buah- buahan

Jenis makanan selanjutnya yang wajib dikonsumsi ketika puasa adalah buah-buahan. Buah-buahan menjadi sumber gizi dan nutrisi ketika sedang berpuasa. Buah yang identik dengan Ramadhan adalah kurma. Kurma sudah menjadi hidangan legendaris yang biasanya dimakan untuk berbuka puasa sejak zaman Nabi Muhammad.

Banyak yang sudah tahu juga, kurma memiliki kandungan gula alami. Selain itu, mengosumsi kurma dapat dipercaya memberikan stamina serta menyediakan mineral seperti potassium, tembaga dan serat yang cukup

5. Sayur-sayuran

Sayur akan memberikan serat larut guna menjaga kesehatan usus agar bekerja dengan baik. Selain itu, mengonsumsi sayur mampu memperlambat penguraian makanan menjadi glukosa dalam darah.

Sayuran juga bisa menambahkan cairan yang cukup untuk tubuh Anda. Sayuran satu ini terkenal akan banyaknya nutrisi di dalamnya.

Serat larut yang ada di dalam dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah yang biasanya memuncak saat mengonsumsi hidangan berbuka puasa.

Selain makanan di atas, kita tetap harus mengkonsumsi vitamin dan olahraga yang cukup agar stamina tetap sehat di bulan suci ramadhan.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa ….



Post a Comment