Ut wisi enim ad minim veniam, quis laore nostrud exerci tation ulm hedi corper turet suscipit lobortis nisl ut

social media
Recent Posts

    Sorry, no posts matched your criteria.

RSUD ANDI MAKKASAU

WABAH VIRUS CORONA

Virus Corona (2019-nCOV) adalah virus baru penyebab penyakit saluran pernafasan. Virus ini berasal dari daerah Wuhan, Cina, dan merupakan satu keluarga dengan virus penyebab SARS dan MERS. Virus Corona menjadi momok menakutkan yang menghantui Indonesia, hingga membuat panik dunia.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, pemerintah Indonesia melakukan beragam cara. Salah satunya pemeriksaan ketat penumpang di bandara hingga memantau kesiapsiagaan fasilitas kesehatan diseluruh Indonesia untuk mengantisipasi hal tersebut dengan menambah ruang isolasi untuk pasien Corona.

Virus ini berbahaya jika telah masuk dan merusak fungsi paru-paru, atau dikenal dengan sebutan Pneumonia, yaitu infeksi atau peradangan akut di jaringan paru yang disebabkan oleh virus dan berbagai mikroorganisme lain, seperti bakteri, parasit, jamur, dan lainnya.

Adapun Gejala klinisnya yaitu demam, batuk, pilek,  gangguan pernafasan, sakit tenggorokan dan letih lesu.

Langkah – langkah yang harus dilakukan untuk mencegah yaitu :

  1. Sering cuci tangan menggunakan sabun cuci tangan atau handrub
  2. Menggunakan masker bila batuk dan pilek
  3. Konsumsi gizi seimbang, perbanyak sayur dan buah
  4. Rajin olahraga dan istirahat yang cukup
  5. Bila batuk, pilek dan sesak nafas segera ke fasilitas kesehatan

Rumah Sakit Umum Daerah Andi Makkasau menyiapkan beberapa ruangan khusus sebagai langkah persiapan penanganan pasien terinfeksi Virus Corona. Sarana dan prasarana terus berupaya ditingkatkan. Sebelumnya ruangan tersebut digunakan untuk pasien infeksi yang membutuhkan isolasi, meskipun belum sepenuhnya sesuai standar.

Post a Comment