Ut wisi enim ad minim veniam, quis laore nostrud exerci tation ulm hedi corper turet suscipit lobortis nisl ut

social media
Recent Posts

    Sorry, no posts matched your criteria.

RSUD ANDI MAKKASAU

GEJALA KANKER GINJAL

Ginjal terdiri dari dua bagian organ terpisah yang berbentuk seperti kacang, masing-masing ginjal seukuran kepalan tangan Anda. Ginjal berada di dalam perut bagian bawah, dengan satu ginjal di sisi sebelah kanan dan kiri tulang belakang. Ginjal adalah bagian dari organ saluran kandung kemih. Ginjal memproduksi air seni dengan membuang sampah hasil pencernaan makanan dan kelebihan cairan dari darah. Kanker ginjal adalah kanker yang berasal dari dalam ginjal.

Orang yang memiliki kanker ginjal akan merasakan beberapa gejala :

– Perubahan warna urine
Warna urine (air kencing) umumnya adalah bening, jika setiap harinya rutin mengonsumsi banyak air putih. Jika warna urine yang keluar adalah kuning artinya cairan tubuh mengalami dehidrasi. Namun, pada orang yang memilki kanker ginjal, urine akan berubah warna menjadi kemerahan atau kecokelatan.

– Sakit punggung
Rasa sakit seperti adanya tekanan dipunggung bisa jadi tanda adanya kanker ginjal. Namun, gejala ini biasanya terasa jika massa tumor sudah membesar dan menekan jaringan lain di sekitar ginjal.

– Nafsu makan hilang
Maka, apabila Anda mengalami nafsu makan yang cenderung menurun sehingga berat badan turun secara drastis, ditambah gejala gangguan ginjal lainnya, sebaiknya langsung cek ke dokter untuk mendeteksi gejala kanker ginjal lebih dini.

– Tubuh cepat lelah
Tubuh yang terasa lelah, lemas, dan lesu dapat terjadi karena hilangnya nafsu makan Anda. Tubuh akan menjadi sangat lemas bila tetap tak diisi dengan makanan dan minuman yang cukup. Jika keluhan ini disertai juga dengan nyeri punggung hingga urine yang berdarah, segera periksalah ke dokter.

Beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko dari kanker itu sendiri, seperti :
• Orang dengan obesitas atau kelebihan berat badan
• Faktor genetis, dimana faktor risiko ini diturunkan dari keluarga
• Kebiasaan buruk merokok dan minum minuman beralkohol
• Sering makan junkfood dan fastfood serta mekanan yang mengandung pewarna.

Narasumber : dr. Mahyuddin Rasyid, Sp. B, M. Kes

Post a Comment