Ut wisi enim ad minim veniam, quis laore nostrud exerci tation ulm hedi corper turet suscipit lobortis nisl ut

social media
Recent Posts

    Sorry, no posts matched your criteria.

RSUD ANDI MAKKASAU

PELATIHAN SISTEM MANAJEMEN DOKUMEN AKREDITASI (SISMADAK)

SISMADAK merupakan sistem manajemen dokumen akreditasi bagi rumah sakit yang mengikuti program akreditasi yang diselenggarakan oleh Komite Akreditasi Rumah Sakit ( KARS ). Rumah Sakit Umum Andi Makkasau menggelar pelatihan SISMADAK atau Sistem Manajemen  Dokumen Akreditasi di aula lantai 2,  selasa (16/7/2019). Pelatihan ini diikuti oleh Tim Pokja masing-masing unit. SISMADAK ini bertujuan untuk mengumpulkan, menyiapkan dan mencari dokumen yang sudah diupload, agar memudahkan surveyor akreditasi untuk melihat dokumen-dokumen yang sudah ada.

Fitriani, S.STP , Wadir Pelayanan mengatakan pelatihan ini untuk persiapan menghadapi akreditasi SNARS pada bulan Mei 2020.

SISMADAK  sendiri merupakan aplikasi yang wajib digunakan untuk akreditasi SNARS. “Aplikasi SISMADAK digunakan untuk memudahkan Tim Pokja dalam mengumpulkan dokumen akreditasi, agar lebih efektif dan efisien”. Tambah Fitriani, S.STP yang di dampingi oleh Ketua Tim Akreditasi RS drg. Andi Cenrara Tonralipu.

Tim KARS dalam hal ini diwakili oleh Darno Harefa mengungkapkan “Keuntungan menggunakan SISMADAK lebih memudahkan untuk pencarian dokumen, biaya yang dikeluarkan lebih murah sebab tidak menggunakan kertas lagi, dapat diakses di mana saja dan kapan saja. Penggunaan aplikasi SISMADAK cukup mudah, setelah melakukan upload dokumen maka secara otomatis akan langsung masuk ke KARS, dan secara otomatis nilai yang diperoleh dapat langsung diketahui, beserta catatan penting dari surveyor mana yang perlu diperbaiki”.

Darno Harefa menambahkan “Kedepannya saat surveyor melakukan penilaian maka tidak lagi, melakukan telaah dokumen karena sudah dilihat di aplikasi SISMADAK, surveyor lebih banyak melakukan tinjauan lapangan, untuk melihat langsung kesesuaian dokumen yang dikirim dengan yang ada di lapangan”.

Diharapkan sebelum proses akreditasi di mulai, maka seluruh dokumen-dokumen dari masing-masing Tim Pokja sudah dapat dicek di aplikasi SISMADAK oleh Surveyor KARS. Semoga dalam penilaian tahun 2020 yang akan datang RSUD Andi Makkasau dapat meraih Akreditasi Paripurna.

Post a Comment