Ut wisi enim ad minim veniam, quis laore nostrud exerci tation ulm hedi corper turet suscipit lobortis nisl ut

social media
Recent Posts

    Sorry, no posts matched your criteria.

RSUD ANDI MAKKASAU

Laparascopy

Laparoskopi adalah sebuah teknik melihat ke dalam perut tanpa melakukan pembedahan besar. Selain itu  Laparoskopi merupakan teknik bedah invasif minimal yang menggunakan alat-alat berdiameter kecil untuk menggantikan tangan dokter bedah melakukan prosedur bedah di dalam rongga perut. Kamera mini ini digunakan terlebih dahulu, kemudian dimasukkan gas untuk membuat jarak pemisah antara rongga sehingga dapat terlihat dengan jelas gambar yang akan terlihat. Dokter bedah melakukan pembedahan dengan melihat layar monitor dan mengoperasikan alat-alat tersebut dengan kedua tangannya.

Laparoskopi sekarang menjadi teknik bedah yang digunakan dalam banyak cabang pembedahan. Teknik ini memungkinkan banyak prosedur invansif minimal. Laparoskop adalah instrumen sempit serupa tabung pencahayaan di bagian dalam dan melihat nyaris setiap bagian tubuh. Instrumen ini secara lengkap bertahap menjadi canggih sehingga dokter bedah dapat melewatkan instrumen halus melalui laparoskop untuk melakukan operasi kecil. Paling sering digunakan dalam ginekologi. Laparoskopi memungkinkan pandangan jernih tuba fallopii, rahim dan indung telur. Ini berguna dalam mendiagnosis kondisi ginekologi, seperti infeksi leher rahim dan kista indung telur. Juga digunakan untuk mengecek keluhan seperti endometriosis (jaringan yang menyerupai lapisan rahim yang tumbuh di luar rahim) dan kanker indung telur. Sebagai tes untuk ketidaksuburan yang disebabkan oleh tersumbatnya tuba fallopi, zat pewarna ditempatkan kedalam lubang perut.

Pemilihan pengunaan tindakan Laparoskopi sebenarnya memiliki beberapa manfaat yang cukup besar jika dibandingkan dengan teknik bedah konvensional yang sering digunakan. Hal itu melihat dari resiko besar yang mungkin bisa saja muncul bersamaan dengan penggunaan teknik bedah konvensional yang sudah disebutkan di atas.

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan tindakan Laparoskopi adalah :

  1. Meringankan rasa nyeri, sehingga konsumsiobat-obatan pereda nyeri akan berkurang
  2. Meminimalisir timbulnya pendarahan yang bisa muncul setelah operasi
  3. Meminimalisir timbulnya pendarahan saat operasi
  4. Mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk rawat inap
  5. Waktu yang dibutuhkan untuk pemulihan pasca operasi akan lebih cepat
  6. Mengurangi timbulnya resiko komplikasi yang bisa saja muncul setelah operasi
  7. Luka operasi akan lebih kecil
  8. Meminimalisir tingkat stres pada tubuh pasien
  9. Pasien dapat lebih cepat melakukan kegiatan secara normal

Manfaat yang ada di atas adalah beberapa contoh manfaat yang ada pada tindakan Laparoskopi. Keuntungan tersebut merupakan pertimbangan yang sangat besar dalam pemilihan operasi Laparoskopi sendiri. Pasien sendiri akan langsung memilih tindakana Laparoskopi jika dalam penjelasan oleh  dokter meyatakan bahwa adanya kemungkinan penggunanan teknik Laparoskopi.

Biasanya teknik dan metode ini sendiri digunakan untuk mengatasi beberapa kondisi medis seperti :

  1. Pengangkatan tumor
  2. Pengeluaran cairan yang menumpuk dalam perut
  3. Mengetahu stadium kanker
  4. Berfungsi sebagai adhesi
  5. Salah satu teknik operasi untuk mengobati hernia, baik bernia hiatus atau hernia ingunalis.
  6. Tekhnik operasi untuk mengobati appendisitis atau radang usus buntu.
  7. Radang usus.
  8. Fibroid.
  9. Radang pelvis.
  10. Salah satu tekhnik operasi dalam tindakan ablasi endometrial
  11. Salah satu cara untuk mengambil sampel jaringan.
  12. Melakukan operasi ligasi tuba.

Sebelum menyetujui operasi bedah laparoskopi, dokter biasanya akan menanyakan segala informasi mengenai riwayat kesehatan juga melakukan pemeriksaan fisik. Pasien harus memberitahu apabila memiliki alergi terhadap jenis obat tertentu, sering perdarahan, atau sedang hamil.

Perlu diketahui bahwa pasien yang mengidap hernia, kanker, atau pernah melakukan operasi pada bagian perut tidak dianjurkan untuk melakukan laparoskopi, karena efek sampingnya yang terbilang sangat berisiko untuk kesehatan. Pasien diwajibkan untuk berpuasa dan mengikuti semua saran dokter baik sebelum maupun sesudah melakukan operasi.

Jam Kerja
Monday 07.30 - 14.00
Tuesday 07.30 - 14.00
Wednesday 07.30 - 14.00
Thursday 07.30 - 14.00
Friday 07.30 - 11.30
Saturday 07.30 - 13.00
Sunday Libur
Post a Comment