Ut wisi enim ad minim veniam, quis laore nostrud exerci tation ulm hedi corper turet suscipit lobortis nisl ut

social media
Recent Posts

    Sorry, no posts matched your criteria.

RSUD ANDI MAKKASAU

CT SCAN

CT Scan adalah singkatan dari Computerized Tomography Scan, adalah prosedur yang menggabungkan serangkaian gambar X-ray yang diambil dari berbagai sisi di sekitar tubuh seseorang dengan penggunaan komputer untuk membuat gambar cross-sectional tulang, pembuluh darah , dan jaringan lunak yang ada di dalam tubuh orang tersebut. Prosedur ini menunjukkan gambar yang lebih detail daripada X-ray biasa.

CT Scan memiliki berbagai macam kegunaan, namun biasanya dilakukan untuk pemeriksaan yang membutuhkan hasil dengan cepat. Sebagai contoh, pada kasus pasien yang mengalami kecelakaan atau trauma. Selain itu CT Scan juga digunakan untuk untuk memvisualisasikan hampur semua bagian tubuh dan untuk mendiagnosis suatu penyakit  , sehingga dokter dapat merencanakan perawatn medis yang bisa dilakukan seperti bedah atau radiasi.

Dokter mungkin akan merekomendasikan untuk melakukan CT Scan untuk tujuan berikut :

  • Mendiagnosis gangguan tulang dan otot, seperti adanya tumor pada tulang, patah tulangatau kelainan tulang belakang.
  • Menentukan lokasi tumor , infeksi , atau pengumpalan darah
  • Sebagai bagian dari prosedur , seperti operasi , biopsi dan terapi radiasi
  • Mendeteksi dan memantau kondisi penyakit seperti kanker , penyakit jantung , nodul paru dan massa hati
  • Memantau efektivitas perawatan tertentu seperti pengobatan kanker
  • Mendeteksi cedera internal atau pendarahan internal

CT scan perlu dilakukan pada orang-orang yang dicurigai mengalami pendarahan internal akibat mengalami kecelakaan atau cedera seperti benturan. Untuk memastikan penyakit, dokter pun juga akan menganjurkan orang-orang yang mengalami gejala-gejala tumor atau penyakit jantung untuk melakukan prosedur ini.

Pemeriksaan CT Scan hanya membutuhkan waktu yang sebentar, hanya sekitar 30 menit dan hasilnya pun cepat didapatkan. Pasien tidak perlu menginap di rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan ini. Pasien dapat diberikan obat sedatif agar pasien tenang dan tidak gerak-gerak. Apabila pasien gerak-gerak, maka hasil pemeriksaan menjadi tidak jelas dan tidak akurat.

Pasien yang akan menjalani pemeriksaan CT Scan harus berbaring di atas ranjang yang dapat bergerak secara otomatis melewati mesin besar yang bagian tengahnya berongga seperti donat. Pasien mungkin dapat mendengar suara gemuruh dari mesin pada saat pemeriksaan berlangsung.

Pada CT scan , zat padat seperti tulang mudah terlihat. Namun, jaringan lunak seringkali terlihat buram di gambar. Jadi , untuk membantu agar jaringan lunak dapat terlihat jelas , kemungkinan akan diberikan pewarna khusus atau yang disebut dengan bahan kontras. Radiolog mungkin akan meminta untuk menelan bahan kontras atau menyuntikkannya, ataupun memasukkan pewarna tersebut melalu rektum. Bahan kontras ini berfungsi untuk memblokir sinar X agar  tampak putih pada pemindaian serta menyoroti pembuluh darah, organ atau struktur lainnya.

Jam Kerja
Monday 07.30 - 14.00
Tuesday 07.30 - 14.00
Wednesday 07.30 - 14.00
Thursday 07.30 - 14.00
Friday 07.30 - 11.30
Saturday 07.30 - 13.00
Sunday Libur
Post a Comment